Pasang Iklan Anda

Cara Membuat Blog Gratis di Blogger Saja

Cara Membuat Blog Gratis di Blogger Saja. Dewasa ini blogging tidak hanya sekedar hobi yang digemari sebagian orang, tapi sudah menjadi kebutuhan penting dalam mendulang kekayaan di internet lewat jalur menjadi blogger. Meskipun menjanjikan, tidak semua orang yang suka dan ogah - ogahan dalam mempelajari bagaimana cara membuat blog, membangun blog kemudian memonetize agar dapat menghasilkan seperti yang diharapkan. Mungkin ada sebagian orang yang tidak memiliki banyak waktu untuk online karena alasan pekerjaan atau kesibukan lainnya di dunia nyata.

Ya sudah kita fokus pada mereka yang menggemari bidang ini saja. Apakah Anda bergairah dalam mempelajari blogging? motivasi apa yang membuat Anda harus blogging? lewat ulasan Cara Membuat Blog Gratis di Blogger Saja ini semoga bisa membuat Anda segera memulai membuat blog saat ini saja, gratis tanpa perlu sewa domain dan hosting. Ya lewat layanan gratis yang diberikan google yaitu blogspot, Anda sudah bisa memulainya.

Cara Membuat Blog Gratis di Blogger Saja


Syarat Blogging
  1. Ada komputer / laptop / hp / blackberry / ipad
  2. Ada akses internet
Syarat Membuat Blog di Blogspot
  1. Akun Email di Gmail
Cara Membuat Blog di Blogspot
  1. Ketik di halaman browser Anda www.blogger.com atau www.blogspot.com
  2. Sign in sesuai dengan akun gmail sobat
  3. Klik Buat Blog di samping kiri dasboard Anda
  4. Pilih Nama Blog dan Url Blog
  5. Pilih Template sesuai yang Anda minati
  6. Klik Buat Blog di bawah berwarna orange
  7. Selesai
Cara Membuat Blog Gratis di Blogger Saja

Tentang Penamaan Judul Blog dan Alamat Url
Judul blog merupakan intisari dari keseluruhan materi yang ada di blog Anda nantinya. Usahakan apa yang Anda bahas nantinya terwakili di judul blog ini. Karena hal ini sangat penting dalam memberikan informasi kepada pengunjung Anda dan sangat disukai mesin pencari seperti google karena keselarasan keseluruhan konten. Teknik sangat kuat efeknya ketika Anda memilih blog niche yang membahas 1 tema unggulan.

Untuk url memiliki sifat unik, dalam artian 1 nama domain tidak diperbolehkan digunakan untuk blog lainnya. Misalnya seperti blog ini yang beralamatkan di http://e-tutorialblogger.blogspot.com/, maka siapapun saja di dunia, sudah tidak bisa menggunakan lagi. Karena keunikan ini, maka pilihlan nama domain yang unik, mudah dihafalkan, singkat dan mewakili isi blog Anda.

Sekedar Contoh
Blog ini saya beri judul Tutorial Blogger dengan alamat url di atas. Maka ketika saya membahas tema yang berkaitan seputar blogging yang mana antara artikel sebelumnya dan sesudahnya sangat berkaitan, maka efek SEO dalam jangka panjang akan sangat kuat, memiliki authority yang bagus di mata search engine. Hati - hati sebisa mungkin hindari membahas hal - hal di luar judul dan url blog Anda jika blog Anda termasuk blog niche. Seperti jika blog ini membahas resep masakan, maka terlihat tidak profesional dan kurang mendapatkan tempat di hati mesin pencari dalam jangka panjangnya.

Bagaimana jika Anda ingin membahas berbagai informasi yang lengkap, umum, tidak hanya 1 tema saja?
Anda bebas membuat blog seperti yang Anda inginkan seperti ingin memasukkan beragam topik dalam 1 blog. Usahakan judul dan url bersifat general juga yang bukan mewakili 1 tema saja.

Demikian artikel perdana blog ini seputar Cara Membuat Blog Gratis di Blogger Saja. Semoga bermanfaat bagi Anda semua.